7 Fakta Kemerdekaan Indonesia 1945 yang Jarang Diketahui!

7 Fakta Kemerdekaan Indonesia 1945 yang Jarang Diketahui!

7 Fakta Kemerdekaan Indonesia 1945 yang Jarang Diketahui!

 

Kemerdekaan Indonesia sudah memasuki tahun ke 77, ragam keseruan dan kemeriahan berlangsung dalam memperingati Hari Proklamasi ini. Banyak juga fakta unik dan menarik seputar Proklamasi RI yang berlangsung pada 17 Agustus 1945 yang mungkin belum kamu ketahui.  Nah, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77 ini, MNC Play punya 7 Fakta Menarik Seputar Kemerdekaan RI yang jarang diketahui! Langsung disimak  untuk menambah pengetahuan kamu, yuk!

1. Sederhananya Upacara Proklamasi 1945

Upacara Proklamasi Republik Indonesia yang berlangsung pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB pada kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat. Upacara berlangsung sangat sederhana mengingat terbatasnya waktu persiapan proklamasi kemerdekaan RI.

2. Bendera Pusaka Didapat dari Perwira Jepang

Bendera Pusaka yang dijahit oleh Ibu Fatmawati didapat dari seorang Perwira Jepang yang bernama Chairul Basri pada Oktober 1944. Awalnya, bendera tersebut berasal dari kain merah dan putih yang akan dibuat menjadi baju untuk anak pertama yang sedang dikandungnya. Sedikitnya waktu persiapan Proklamasi, membuat Ibu Fatmawati berinisiatif menjahit kain tersebut menjadi bendera pusaka dan masih digunakan untuk uparaca kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus.

3. Proklamasi Dilakukan di Bulan Ramadan

Momen bersejarah 17 Agustus 1945 jatuh pada hari Jum’at tanggal 9 Ramadan 1364H. Hari ini dirasa sangat baik bagi penganut agama islam karen jatuh pada hari Jum’at pada bulan Ramadan.

4. Soekarno Sakit Malaria Saat Proklamasi

Tak banyak yang tahu kalau tepat pada Hari Kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno sedang tidak pada kondisi sehat. Di hari itu, Soekarno terkena gejala Malaria Tertiana yang mengakibatkan suhu badannya tinggi. Pada waktu 2 jam sebelum Proklamasi pun ia masih tertidur pulas. Beliau bahkan sempat mengeluh badan linu karena demam kepada dokter pribadinya ketika dibangunkan. Setelah mendapat perawatan dokter, beliau terbangun pada pukul 9.00 WIB dan melanjutkan Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI.

5. Setelah Proklamasi, Naskah Asli Ditemukan di Tempat Sampah

Naskah asli yang kita lihat saat ini merupakan hasil tulisan tangan Soekarno tanpa adanya tanda tangan. Naskah ini sempat dibuang ke tempat sampah setelah naskah tersebut diketik ulang oleh Sayuti Melik.  Lalu, naskah asli ini ditemukan di tempat sampah oleh seorang wartawan BM Diah dan baru dikembalikan kepada negara setelah 46 tahun lamanya.

6. Tiang Bendera Terbuat dari Bambu

Kesederhanaan Hari Proklamasi juga dapat terlihat dari tiang bendera yang terbuat dari bambu. Hal ini disebabkan oleh mendadaknya waktu persiapan Kemerdekaan RI.

7. Dokumentasi Proklamasi Hampir Disita Jepang

Alexius ‘Impurung’ Mendur dan Frans Mendur adalah fotografer yang mengambil dokumentasi teks proklamasi dibacakan. Mereka merupakan wartawan Java Bode yang sebenarnya tak mendapatkan tugas untuk mengambil foto proklamasi kemerdekaan. Naluri jurnalis yang ada pada diri mereka mengatakan hal lain sehingga mereka bergegas menuju lokasi acara proklamasi kemerdekaan berlangsung. Mereka yakin betul kalau momen itu akan menjadi peristiwa penting bangsa ini. Benar saja, nama mereka masih dikenang sebagai salah satu saksi sejarah yang berjasa dalam mengabadikan momen kemerdekaan RI. Sayangnya, setelah Upacara Proklamasi, mereka tertangkap Jepang lalu kamera mereka dirampas dan foto-fotonya dibakar. Beruntung, Frans menguburnya di halaman kantor harian Asia Raya sehingga rol film masih bisa diselamatkan.

Itu dia, 7 Fakta Menarik Seputar Kemerdekaan Republik Indonesia yang Jarang diketahui. Ada berapa fakta yang belum kamu ketahui, Sobat Play? Semoga fakta-fakta yang sudah MNC Play rangkum ini bisa menambah wawasan kamu, ya! Nah, kalau kamu tertarik buat mencari tahu keseruan sampai fakta kemerdekaan lainnya, kamu bisa mencari informasinya diinternet cepat dengan wifi rumah. Sebelumnya, pastikan kalau kamu sudah berlangganan MNC Play, ya!

Fakta-fakta menarik dari berbagai hal yang sedang terjadi di dunia, bisa kamu dapatkan dari sosial media MNC Play, loh! Jadi, ikuti semua sosial media MNC Play biar ngga ketinggalan berita penting lain dan ragam keuntungan lainnya dari MNC Play, ya! Tunggu apa lagi?

Hubungi WhatsApp interaktif di nomor 0899-1500-686 atau call center MNC Play di 1500121 untuk mendapatkan informasi dan penawaran menarik seputar MNC Play.

Informasi terlengkap dan terbaru dari MNC Play bisa kalian dapatkan dengan mengunjungi:

Website : www.mncplay.id
Twitter : @mncplayid
Instagram : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Tiktok : MNCPlayId
Youtube : MNC Play