Apa Hubungannya IP Address dengan VPN? Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu dalam Internet

Apa Hubungannya IP Address dengan VPN? Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu dalam Internet

Apa Hubungannya IP Address dengan VPN? Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu dalam Internet

Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat. Dengan akses dan jaringan internet, sebagian besar pekerjaan di era modern ini menjadi lebih mudah. Tapi Sobat Play tahu nggak, kalau ada salah satu elemen penting yang ada di dalam internet? Yup, IP address! Setelah ini, MNC Play akan membahas apa yang dimaksud IP address dan apa hubungannya dengan VPN? Lalu, apakah saat orang lain mengetahui IP address kita, bisa meningkatkan risiko kena hack? Well, simak selengkapnya ya, Sobat Play!

1. Apa Itu IP Address?

IP address bisa diartikan sebagai identitas unik yang ada di setiap perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi, ketika kamu menggunakan perangkat yang tersambung dengan jaringan internet, di perangkat tersebut terdapat IP address sebagai tanda khusus yang dapat diidentifikasi dengan bahasa universal. Biasanya, IP address memiliki beberapa bilangan atau digit angka, misalnya 121.122.123.124 yang bisa mengidentifikasikan informasi berupa alamat protokol. Kalau dianalogikan nih Sobat Play, seperti alamat rumah yang terdiri dari nama jalan, nomor rumah, nomor RT, kelurahan, kota, dan provinsi. Nah, bedanya, pada IP address tercantum deretan bilangan biner 32-bit sampai 128-bit. Tanpa IP address, kita tidak bisa berkomunikasi dan terhubung ke jaringan internet.

2. IP Address Bisa Disalahgunakan oleh Hacker

Ada beberapa jenis IP address, seperti static IP address dan dynamic IP address. Kalau static IP address biasanya lebih mudah dijadikan sasaran bagi orang yang tidak bertanggung jawab, seperti hacker. Untuk itu, memberikan sistem keamanan pada IP address ini sangat diperlukan. Terus, kalau dynamic IP address gimana? Nah, biasanya jenis IP address ini masih lebih aman. Hal ini berkaitan dengan sistem kerja yang mengubah deretan angka menjadi acak secara berkala. Dengan berubahnya angka IP address, alamat dengan angka yang baru akan menjadi alamat yang valid berikutnya. Hanya saja, hacker tetap bisa mengetahui alamat asli melalui angka IP address yang terekspos ke publik.

3. Apa Hubungannya dengan VPN?

Sobat Play sudah tahu belum, kalau VPN (Virtual Private Network) mampu menyembunyikan dan memodifikasi IP address kita untuk dibuat seolah pengguna berada di luar negeri? Nah, gimana sih, cara VPN melakukannya? Jadi, pada intinya, VPN akan mengubah jalur koneksi internet ke server milik mereka (pengelola VPN). Dengan kata lain, ketika menggunakan VPN, lokasi server VPN itulah yang akan terdeteksi oleh jaringan internet.

Di satu sisi, hal ini menjadi cara praktis untuk menyembunyikan IP address kita. Situs-situs yang diblokir pun dapat diakses dengan mudah. Tapi, di sisi lain, semua data dan akses internet yang kita lakukan bisa terpantau oleh pengelola VPN. Oleh karena itu, kalau kamu ingin memakai VPN, pastikan dulu kapasitas dan nama baik dari pengelola VPN tersebut. Jangan menggunakan VPN yang bisa meningkatkan risiko pencurian data. Melalui VPN yang terpercaya, data yang ditransmisikan hanya dapat diakses oleh orang yang berhak saja, yaitu bersifat confidentially.

Nah, itu tadi penjelasan tentang IP address dan hubungannya dengan VPN. Buat kamu yang memiliki website atau blog dan merasa worry kena hack, bisa menggunakan VPN. Karena, jaringan VPN ini menawarkan keamanan yang tidak dapat terdeteksi, sehingga IP address kita tidak diketahui dan tidak dapat diakses oleh orang lain. MNC Play sebagai penyedia layanan internet memiliki peran penting untuk mengajak Sobat Play agar dapat menggunakan jaringan internet secara aman, sehingga terhindar dari risiko pencurian data dan pembobolan akun. Untuk itu, MNC Play hadir sebagai solusi untuk setiap kebutuhan kamu! Setuju ‘kan, Sobat Play?

Hubungi WhatsApp interaktif di 0899-1500-686 atau ke 1500-121 untuk dapat menikmati internet dan tayangan berkualitas dari MNC Play! Jangan lewatkan informasi terlengkap dan ter-update dengan mengunjungi:

Website : www.mncplay.id
Twitter : @mncplayid
Instagram : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Tiktok : MNCPlayId
Youtube : MNC Play