Asal-usul dan Kisah di Balik Perayaan Imlek

Asal-usul dan Kisah di Balik Perayaan Imlek

Asal-usul dan Kisah di Balik Perayaan Imlek

Sobat Play, sebentar lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2023 nanti. Imlek sendiri merupakan waktu untuk melakukan penghormatan kepada keluarga serta para leluhur. Hal ini juga merupakan waktu untuk menyatukan keturunan Tionghoa yang ada di dalam keluarga serta doa bersama. Nah, tidak hanya itu saja, ternyata di balik perayaan Imlek juga terdapat kisah menarik yang penuh makna, lho! Sobat Play mau tahu? Yuk, simak selengkapnya!

1. Asal-usul Perayaan Imlek

Imlek adalah tradisi yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Awalnya, tahun baru Imlek merupakan perayaan petani di China untuk menyambut pergantian musim dingin ke musim semi. Pada saat itu, momen tersebut lebih dikenal sebagai Festival Musim Semi atau Sin Cia, yang berlangsung dari tanggal 1 hingga tanggal 15 di bulan pertama. Perhitungan penanggalan Imlek sendiri awalnya berdasarkan bulan mengelilingi bumi (lunar calendar). Nah, perhitungan model seperti ini sebenarnya telah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi. Selain itu, masyarakat Tionghoa juga terbiasa melakukan mudik di daerah asalnya, karena Imlek merupakan momen yang sangat penting.

2. Tujuan Perayaan Tahun Baru lmlek

Dalam merayakan Imlek, kebiasaan serta tradisi yang ada di masyarakat Tioghoa sangat bervariasi di berbagai daerah. Momen ini berperan untuk mengenang para leluhur serta menguatkan iman di dalam doa bersama demi menapaki kemakmuran menuju tahun baru. Sebagian besar acara pun diperingati dengan berkumpul untuk melakukan makan malam tahunan bersama. Saat malam Tahun Baru Imlek tiba, akan ada banyak keluarga yang melakukan pembersihan rumah secara menyeluruh yang bertujuan untuk menghilangkan nasib buruk. Selanjutnya, mereka bersiap mendapat berkah di tahun baru lewat kegiatan mendekorasi rumah dengan hiasan yang akan menggambarkan keakraban, kebahagiaan, kekayaan, serta keberuntungan. Selain itu, biasanya para anak-anak akan menikmati tahun baru dengan menyalakan petasan demi memulai lembaran baru. Mereka juga bersiap-siap akan menerima angpao. Jadi, tujuan perayaan Imlek secara garis besar adalah untuk memberi ketenangan atas tantangan hidup yang akan dijalani seiring bertambahnya usia. Sehingga, meskipun sudah dewasa tetapi belum menikah, tetap akan menerima angpao.

3. Kisah di Balik Perayaan Imlek

Sobat Play, ternyata awal mula perayaan Imlek penuh dengan legenda, lho. Jadi, ribuan tahun yang lalu terdapat binatang yang memiliki kepala panjang dengan tanduk tajam bernama Nian. Binatang tersebut menyerang penduduk desa pada hari pertama setiap tahun baru. Lalu, ada seorang lelaki tua yang bijaksana mengetahui bahwa Nian takut dengan suara keras, cahaya terang, dan warna merah. Kemudian, orang-orang memasang lentera merah dan gulungan merah di jendela dan pintu mereka untuk mencegah Nian masuk. Sejak saat itu, Nian tidak pernah datang lagi. Nah, jadinya sampai sekarang Imlek dirayakan dengan petasan, kembang api, dan pakaian serta dekorasi berwarna merah sebagai simbol untuk mengusir roh jahat, nasib buruk serta terhindar dari bahaya Nian.

Nah, itulah asal-usul dan kisah di balik perayaan Imlek yang perlu kamu ketahui. Ternyata, ada banyak kisah yang memiliki makna mendalam ya, Sobat Play. Imlek 2574 Kongzili ini merupakan Tahun Kelinci, yang memiliki arti umur panjang, kedamaian, dan juga kemakmuran. Untuk Sobat Play yang akan merayakan Imlek, semoga di tahun baru ini kamu akan dilimpahi rezeki dan diberikan kesehatan, ya! Jangan lupa, MNC Play selalu siap hadir untuk temani hari-hari pentingmu! So, sudah siap merayakan Imlek bersama MNC Play?

Hubungi WhatsApp interaktif di 0899-1500-686 atau ke 1500-121 untuk dapat menikmati internet dan tayangan berkualitas dari MNC Play! Jangan lewatkan informasi terlengkap dan ter-update dengan mengunjungi:

Website : www.mncplay.id
Twitter : @mncplayid
Instagram : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Tiktok : MNCPlayId
Youtube : MNC Play