Potret Pejuang Dibalik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Potret Pejuang Dibalik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Potret Pejuang Dibalik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

 

Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 tidak didapatkan dengan mudah. Setelah penjajahan Belanda, Indonesia masih harus menghadapi penjajahan dari Negeri Matahari Terbit, Jepang. Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki menjadi titik balik bagi Indonesia dalam memproklamirkan kemerdekaan. Sudah pasti, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tidak bisa berlangsung tanpa hambatan.

Berhasilnya menyatukan perbedaan pendapat antara golongan muda dengan golongan tua dan melaksanakan upacara yang sembunyi-sembunyi dari penjajah Jepang adalah salah satu hasil dari perjuangan tokoh-tokoh kemerdekaan yang akan kita bahas nih, Sobat Play! Apakah kamu sudah tau siapa saja tokoh dibalik Kemerdekaan Republik Indonesia? Kalau sudah, yuk ikuti Kuis Tebak Tokoh Pahlawan dari MNC Play atau kamu masih penasaran siapa saja tokoh-tokoh dibalik suksesnya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? Yuk, langsung simak artikel berikut ini!

Soekarno

1. Soekarno

Presiden pertama RI, Ir. Soekarno yang sekaligus menjadi salah satu Bapak Proklamator RI memiliki andil besar dalam Kemerdekaan Indonesia. Salah satu andil besarnya adalah merumuskan Pancasila bersama dengan Moh. Yamin dan Soepomo. Selain itu, Bapak Presiden Pertama RI ini juga menyusun, menandatangani, sekaligus membacakan teks proklamasi Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Mohammad Hatta

2. Mohammad Hatta

Sempat diasingkan ke Rengasdengklok bersama dengan Ir. Soekarno agar tidak terpengaruh oleh Jepang, Bung Hatta ikut mendampingi Bung Karno pada saat pembacaan Proklamasi Republik Indonesia. Bapak Proklamator Republik Indonesia ini, diketahui juga ikut menyumbang kalimat pertama Teks Proklamasi Republik Indonesia yang berbunyi, “Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”.

Fatmawati

3. Fatmawati

Ibu penjahit bendera pusaka yang masih digunakan untuk Upacara Kemerdekaan di Istana hingga hari ini, merupakan istri dari Presiden Republik Indonesia. Kain bendera yang didapatnya dari salah satu Perwira Jepang Chairul Basri pada Oktober 1944 sebagai hadiah saat kehamilan pertama yang mulanya akan dijahit untuk menjadi baju anaknya. Sejarah berkata lain, sedikitnya waktu yang tersedia untuk Upacara Kemerdekaan RI, membuatnya menjahit kain tersebut dan menjadikannya bendera pusaka hingga saat ini.

Mohamad Ibnu Sayuti

4. Mohamad Ibnu Sayuti

Kamu mungkin sedikit asing dengan nama Mohamad Ibnu Sayuti dan lebih familiar dengan nama Sayuti Melik Sang Pengetik Teks Proklamasi RI. Beliau membantu Bung Karno dan Bung Hatta dalam penyusunan Teks Proklamasi. Teks Proklamasi asli tulisan tangan Bung Karno, diketik ulang olehnya pada 17 Agustus 1945 dini hari. Selain mengetik ulang, ia juga membuat beberapa perubahan dari teks asli proklamasi ke teks yang diketiknya. Perubahan tersebut ialah penggantian kata ‘tempoh’ diganti menjadi ‘tempo’, kata ‘Wakil-Wakil Bangsa Indonesia’ diganti menjadi ‘Atas Nama Bangsa Indonesia’, serta penulisan bulan dan hari. Selain itu, Sayuti Melik juga yang mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh Ir. Soekarno.

Sutan Syahrir

5. Sutan Syahrir

Sutan Syahrir berperan dalam mendesak Soekarno – Hatta untuk segera mendeklarasikan Kemerdekaan Indonesia. Beliau juga ikut andil dalam penculikan Bung Karno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok. Keberhasilan ide cemerlangnya dan kemampuan dalam diplomasi membuatnya diangkat menjadi Perdana Menteri Indonesia pada tahun 1945.

Itu dia, 5 Tokoh Pejuang Dibalik Kemerdekaan Republik Indonesia. Tentunya, masih ada banyak tokoh lain yang ikut berperan dalam Kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat para pejuang dalam memperebutkan Kemerdekaan RI patutnya kita contoh dalam kehidupan kita saat ini. Impian merebut kemerdekaan dari penjajah bisa kita jadikan inspirasi dalam meraih mimpi-mimpi kita yang tidak terbatas seperti fitur #TheTrueUnlimited Internet dari MNC Play.

MNC Play sebagai provider Internet Wi-Fi, memberikan fitur #TheTrueUnlimited yang bisa bikin kamu internetan sepuasnya dari awal sampai akhir bulan dengan kualitas internet yang stabil dan super cepat.

Udah enggak sabar mau berlangganan sekarang? Hubungi WhatsApp interaktif di nomor 0899-1500-686 atau call center MNC Play di 1500121 untuk mendapatkan informasi dan penawaran menarik seputar MNC Play.

Informasi terlengkap dan terbaru dari MNC Play bisa kalian dapatkan dengan mengunjungi:

Website : www.mncplay.id
Twitter : @mncplayid
Instagram : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Tiktok : MNCPlayId
Youtube : MNC Play