Tips Bermain Game pada PC Berspesifikasi Rendah

Tips Bermain Game pada PC Berspesifikasi Rendah

Tips Bermain Game pada PC Berspesifikasi Rendah

Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang disukai banyak orang. Media yang digunakan pun bermacam-macam, seperti smartphone, laptop ataupun PC. Di zaman sekarang, masih banyak orang yang bermain game menggunakan PC. Tapi sayangnya, tidak semua orang memiliki PC yang mumpuni untuk bermain game. Dengan komponen PC yang tidak murah dan juga spesifikasi gamegame yang makin tinggi, rasanya menjadi sebuah kesulitan untuk bisa memainkan gamegame terbaru tanpa mengeluarkan banyak uang. Nah, apakah Sobat Play termasuk gamer yang memiliki PC dengan spesifikasi rendah? Jangan khawatir, karena MNC Play punya beberapa tipsnya!

1. Bermain Game dengan Pace Lambat

Ketika bicara soal bermain game FPS (First Person Shooter), maka bermain dengan frame rate yang ideal sangat penting untuk bisa merespons dengan cepat saat ada ancaman dari musuh. Apalagi untuk game FPS berbasis online, frame rate yang tidak stabil bisa membuat pemain kesulitan dalam membidik musuh. Untungnya, frame rate rendah bukan masalah untuk gamegame dengan pace lambat. Untuk itu, game dengan pace lambat cocok untuk kamu yang memiliki PC dengan spesifikasi rendah.

2. Menggunakan Kualitas Visual yang Rendah

Selanjutnya, tips yang bisa kamu coba untuk bermain game di PC dengan spesifikasi rendah yaitu dengan menggunakan kualitas visual yang rendah. Sebagian besar game saat ini memiliki berbagai opsi visual yang bisa diatur, sehingga pemain bisa menyesuaikan kemampuan PC dengan game yang ingin dimainkan. Nah, salah satu opsi visual yang memakan cukup banyak frame rate adalah resolusi yang tinggi. Kualitas visual dengan resolusi 1080p memang bagus dan bisa menambah kepuasan saat bermain game, tapi sebenarnya 720p sudah lebih dari cukup kok, Sobat Play.

3. Mengedit File Konfigurasi

Selain mengatur visual langsung di dalam game, beberapa game juga memiliki pengaturan visual “tersembunyi” dalam bentuk file konfigurasi, lho. Pengaturan visual semacam ini biasanya tersimpan dalam format .xml dan bisa ditemukan di folder seperti App Data dan My Games di folder Documents. Berbeda dengan pengaturan visual utamanya, pengaturan visual dalam bentuk file konfigurasi ini biasanya memungkinkan kamu untuk mengatur sejumlah opsi visual yang lebih detail seperti refleksi cahaya, bayangan dan masih banyak lagi.

4. Menutup Program yang Tidak Dibutuhkan

Kamu sering membuka banyak program saat sedang bermain game? Sekarang jangan dibiasakan lagi ya Sobat Play, karena program tersebut tidak ada kaitannya dengan game yang sedang kamu mainkan. Cobalah membuka ‘task manager’ yang ada di PC untuk tahu soal program dan proses apa yang sedang berjalan, serta cari tahu berapa banyak RAM yang digunakan. Nah, untuk menutup program tidak penting yang sedang berjalan, kamu hanya perlu klik kanan program yang diinginkan lalu pilih ‘end task’.

5. Mengatur Prioritas RAM ke yang Paling Tinggi

Banyak game yang mengandalkan CPU sebagai sumber spesifikasi utama, tapi tidak sedikit juga game yang justru lebih mengandalkan RAM. Nah, untuk mendapatkan performa yang maksimal, disarankan untuk mengatur prioritas RAM ke yang paling tinggi. Caranya mudah Sobat Play, kamu hanya perlu buka ‘task manager’, lalu pilih ‘details’. Kalau sudah, klik kanan pada game yang sedang dimainkan, pilih ‘set priority’ lalu atur ke ‘high’ atau ‘realtime’.

Sekarang kamu sudah tahu beberapa tips untuk bermain game di PC dengan spesifikasi rendah ‘kan, Sobat Play? Jadi nggak usah khawatir lagi, kamu tetap bisa bermain game dengan visual yang bagus. Yuk, ajak teman-teman untuk bermain game bersama dengan berlangganan paket Gaming Lovers (50 Mbps) dengan hanya Rp539.000/bulan atau paket Gaming Addict (100 Mbps) dengan hanya Rp799.000/bulan. Dijamin, gaming lancar terus! Jadi, tunggu apa lagi Sobat Play?

Hubungi WhatsApp interaktif di 0899-1500-686 atau ke 1500-121 untuk dapat menikmati internet dan tayangan berkualitas dari MNC Play! Jangan lewatkan informasi terlengkap dan ter-update dengan mengunjungi:

Website : www.mncplay.id
Twitter : @mncplayid
Instagram : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Tiktok : MNCPlayId
Youtube : MNC Play