Tradisi-Tradisi Peringatan Tahun Baru Islam dari Berbagai Provinsi

Tradisi-Tradisi Peringatan Tahun Baru Islam dari Berbagai Provinsi

Jakarta,  18 Juli 2023 – Tahun Baru Islam atau yang juga dikenal sebagai Tahun Baru 1 Muharram, merupakan perayaan penting bagi umat Muslim. Di Indonesia yang mayoritas warganya merupakan penganut agama Islam, peringatan Tahun Baru Islam dilaksanakan dengan beragam tradisi yang unik dan khas di setiap provinsi. Tradisi-tradisi ini mencerminkan keberagaman budaya dan adat istiadat yang hidup dalam masyarakat Indonesia. Buat menambah wawasan kamu dalam keanekaragaman Indonesia, simak tradisi-tradisi peringatan Tahun Baru Islam dari berbagai provinsi di Indonesia berikut ini, yuk!

1. Pawai Obor

Mari mulai dengan tradisi yang cukup umum di sebagian besar daerah, yaitu Pawai Obor.

Kegiatan perayaan Tahun Baru Islam yang satu ini, dilakukan oleh masyarakat yang berpawai sambil memegang obor keliling desa/kampung dengan mengenakan pakaian muslim, dan menyerukan lantunan ayat suci Al-Qur’an, Takbir, maupun Shalawat di sepanjang perjalanan. Apakah di daerah kamu juga mengadakan Pawai Obor, Sobat Play?

2. Grebeg Suro

Grebeg Suro merupakan tradisi budaya tahunan masyarakat Ponorogo dalam wujud pesta rakyat yang dirayakan setiap tanggal 1 Muharram atau disebut juga sebagai 1 Suro pada kalender Jawa. Tradisi ini akan menampilkan Reog Ponorogo pada Festival Nasional, Pawai Lintas Sejarah, Kirab Pusaka, serta Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel. Selain untuk merayakan tahun baru 1 Muharram, tradisi Grebeg Suro dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki mutu kesenian Reog Ponorogo sebagai aset kekayaan budaya Nasional, mendukung kegiatan pariwisata di Kabupaten Ponorogo, serta diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dari setiap aktivitas yang dilaksanakan.

3. Tradisi Tabuik

Masyarakat di Sumatra Barat, khususnya Pariaman, terbiasa menyambut Tahun Baru Islam dengan menggelar upacara Tabuik. Tabuik diambil dari bahasa Arab yang artinya peti kayu. Hal ini karena puncak upacara Tabuik dilakukan dengan mengarak peti untuk mengenang gugurnya Imam Husain, cucu Nabi Muhammad SAW.

Ritual pembuatan Tabuik dimulai dengan pengambilan tanah dari sungai pada tanggal 1 Muharram untuk kemudian diletakkan dalam periuk tanah dan dibungkus dengan kain putih, lalu disimpan sampai tanggal yang ditentukan tiba. Selanjutnya, pada tanggal 5 Muharram dilakukan prosesi menebang batang pisang dengan cara sekali tebas pada malam hari, sebagai perumpamaan keberanian salah satu putra Imam Husain yang menuntut balasan atas kematian ayahnya. Kemudian, pada tanggal 7 dan 8 muharram akan dilakukan Maatam dan Maarak sorban. Tradisi ini akan diakhiri pada 10 Muharram pagi, saat diadakan prosesi Tabuik naik pangkat, yaitu pemasangan bagian atas tabuik untuk kemudian Tabuik diarak hingga akhirnya dibuang ke laut.

4. Ngadulag

Ngadulag adalah salah satu tradisi Sunda berupa kegiatan menabuh bedug yang dimainkan melalui ritmis-ritmis yang dinamis. Ngadulag dikenal juga dengan nama seni dulag yaitu seni pertunjukan berupa alat tabuhan seperti beduk. Ngadulag biasa ditampilkan pada acara-acara keagamaan atau hari-hari besar Islam, salah satunya Tahun Baru Islam ini. Saat ini, dulag dimainkan bersama dengan kohkol (kentongan bambu) dan diiringi dentuman meriam karbit untuk menambahkan kemeriahannya

5. Kirab Kebo Bule

Perayaan 1 Muharram atau 1 Suro yang satu ini, dilaksanakan di Keraton Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Kirab Kebo Bule dilaksanakan dengan melakukan kirab atau iring-iringan benda pusaka bersama dengan beberapa ekor kerbau bule keramat berkulit putih kemerahan yang dipercaya merupakan milik Kiai Slamet. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Kebo Bule membawa berkah dan keselamatan. Oleh karena itu, tradisi ini terus dilestarikan sebagai simbol penolak bala dan kekuatan dari Yang Maha Kuasa.

Itu dia, beberapa tradisi peringatan Tahun Baru Islam dari berbagai provinsi di Indonesia. Tradisi-tradisi di atas mencerminkan keragaman budaya dan kehidupan beragama yang kaya di Indonesia. Harapannya, melalui tradisi ini, umat Muslim di Indonesia dapat menjalin kebersamaan, menghormati leluhur, dan memperkuat ikatan sosial dalam perayaan Tahun Baru Islam.

Mau dapat lebih banyak informasi yang mengedukasi? Kamu perlu dukungan internet yang stabil dan super cepat untuk mengakses dunia beserta semua informasi menariknya, kan? Nah, kalau gitu, berarti kamu perlu berlangganan internet dari MNC Play yang punya koneksi stabil dari awal sampai akhir bulan yang beneran enggak ada batasan untuk mengakses lebih banyak informasi yang mengedukasi.

Segera berlangganan MNC Play dengan menghubungi WhatsApp interaktif di nomor 0899-1500-686 atau Call Center MNC Play di 1500 121 untuk mendapatkan informasi dan penawaran menarik seputar MNC Play.

Informasi terlengkap dan terbaru dari MNC Play bisa kalian dapatkan dengan mengunjungi:

Website : www.mncplay.id
Instagram : @mncplayid
Tiktok : MNCPlayID
Twitter : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Youtube : MNC Play  

Halo....Kami siap membantu Anda!