Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi di HP, Biar Internetan Lancar Terus!

Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi di HP, Biar Internetan Lancar Terus!

Cara Memperkuat Sinyal Wi-Fi di HP, Biar Internetan Lancar Terus!

Internet kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Bagaimana tidak, hampir semua aktivitas yang kita lakukan pasti membutuhkan internet ‘kan? Mulai dari mencari informasi, mengerjakan pekerjaan, hingga terhubung dengan orang lain untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih menggunakan Wi-Fi untuk kebutuhan mereka karena memiliki keunggulan seperti mengakses internet tanpa batasan kuota. Tetapi, terkadang saat menggunakan Wi-Fi dari handphone, sinyalnya bisa saja kurang kuat dan akan berpengaruh pada kecepatan internet. Kalau sudah seperti itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara memperkuat sinyal Wi-Fi di handphone-mu. Nah, Sobat Play penasaran? Simak berikut ini, ya!

1. Update Firmware

Sobat Play, jika koneksi Wi-Fi di handphone-mu sangat buruk, bisa jadi karena firmwarenya. Firmware yang sudah lama tidak di-update bisa membuat sinyal Wi-Fi di handphone menjadi tidak kuat, lho. Bagi yang belum tahu, firmware adalah software yang melakukan berbagai proses rutin di Read Only Memory (ROM). Nah, kamu bisa melakukan update melalui Settings > About Phone > System/Software Update. Setelah itu, kamu bisa tes sinyal Wi-Finya, deh!

2. Cek Case Handphone-mu

Ternyata, case handphone yang kamu pakai bisa berpengaruh pada sinyal Wi-Fi. Apalagi jika case-mu terbuat dari logam, bisa memperburuk sinyal Wi-Fi, lho! Nah, untuk mengetahui apakah benar terjadi, kamu harus menjalankan speed test. Pertama, coba tes saat kamu menggunakan case. Kemudian, jalankan tes lagi tanpa menggunakan case handphone. Jika hasil speed test kedua lebih baik daripada yang pertama, kamu sebaiknya melepas case-mu. Tapi, kalau kamu nyaman memakai case, tetap bisa digunakan asalkan bukan yang terbuat dari logam ya, Sobat Play.

3. Ubah Frekuensi Menjadi 5 GHz

Masih banyak yang menggunakan handphone dengan frekuensi 2.4 GHz. Walaupun memiliki cakupan luas dan sinyal yang kuat, akan tetapi terlalu banyak orang yang menggunakannya sehingga sering terjadi gangguan. Sedangkan pada frekuensi 5 GHz, terdapat lebih banyak ruang kosong karena tidak tumpang tindih. Oleh karena itu, kamu bisa mengganti frekuensi menjadi 5 GHz melalui Settings > Wi-Fi > Advanced Settings > WiFi Frequency Band.

4. Jaga Penggunaan Wi-Fi dari Orang Lain

Jika kamu merasa ada penurunan kualitas dan kecepatan Wi-Fi di rumahmu, ada kemungkinan orang lain juga menggunakannya. Bisa jadi tetangga, teman atau orang lain yang sedang berada di dekat rumahmu. Oleh karena itu, gunakan password yang rumit agar sulit untuk ditebak orang lain. Cara lain untuk mencegah hal ini adalah dengan mengaktifkan SSIB (Service Set Identifier) melalui pengaturan sesuai provider yang digunakan. Dengan begitu, orang lain tidak akan bisa menemukannya.

5. Pindahkan Router ke Tempat yang Tepat

Sobat Play, kalau kamu memiliki Wi-Fi di rumah tetapi sinyalnya tidak kuat, maka coba cari tempat yang tepat untuk menempatkan router. Kenapa ini penting? Karena router memiliki jangkauan sinyal yang terbatas. Misalnya saja jika terhalang tembok, kamu tidak akan mendapatkan sinyal yang kuat. Oleh karena itu, kamu harus menempatkannya di area yang dekat denganmu, seperti ruang keluarga ataupun kamar.

Gimana Sobat Play, sekarang kamu sudah tahu cara memperkuat sinyal Wi-Fi di handphone ‘kan? Kalau kamu berlangganan MNC Play, nggak perlu khawatir, deh! Karena, MNC Play memberikan teknologi 100% Fiber to the Home dengan fiber optic yang memberikan kamu internet dengan kecepatan tinggi. Selain itu, kamu juga dapat menikmati koneksi internet tanpa batas, stabil dan super cepat tanpa ada batasan FUP (Fair Usage Policy), lho! Dengan hanya 300 Ribuan per bulan, dijamin, internetan jadi lancar terus karena sinyal Wi-Fi kuat!

Hubungi WhatsApp interaktif di 0899-1500-686 atau ke 1500-121 untuk dapat menikmati internet dan tayangan berkualitas dari MNC Play! Jangan lewatkan informasi terlengkap dan ter-update dengan mengunjungi:

Website : www.mncplay.id
Twitter : @mncplayid
Instagram : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Tiktok : MNCPlayId
Youtube : MNC Play