Fakta Menarik Seputar Formula E Jakarta Versi MNC Play

Fakta Menarik Seputar Formula E Jakarta Versi MNC Play

Sobat Play! Udah tahu belum tanggal 4 Juni 2022 ini ada pagelaran akbar mobil listrik ramah lingkungan kelas dunia yang akan diadakan di Jakarta? Yup, nama acaranya Formula-E Jakarta 2022. Pasti kalian sudah familiar dengan namanya kan? Nah, biar kalian semakin banyak tahu berbagai hal mengenai ajang ramah lingkungan yang bergengsi ini, MNC Play punya beberapa fakta menarik buat nambah wawasan kamu seputar Formula E 2022 yang diadakan di Jakarta E-Prix International Circuit (JEIC), Ancol, Jakarta.

1. Nama Resmi

Formula E memiliki nama resmi ABB FIA Formula E World Championship, sering kali disebut E-Prix atau Formula-E. Sesuai dengan namanya, Formula-E merupakan kejuaraan olahraga otomotif yang hanya menggunakan mobil listrik yang ramah lingkungan saja.

2. Sejarah

Kejuaraan ini pertama kali dicanangkan pada tahun 2011 oleh presiden FIA Jean Todt dan Alejandro Agag, yang juga merupakan pendiri dan kepala eksekutif dari Formula E Holdings. Perlombaan resmi pertama Formula-E digelar di Beijing, Tiongkok, pada bulan September 2014. Sejak musim 2020 – 2021, Formula E menjadi seri Kejuaraan Dunia FIA, yang membuat seri balapan kursi tunggal ini seri pertama selain Formula One yang berstatus kejuaraan dunia.

3. Format Balapan

Sistem balapan dari Formula E ini dimulai dengan dua sesi latihan bebas di pagi hari. Durasi sesi pertama adalah 45 menit lalu diikuti sesi kedua selama 30 menit. Dilanjut dengan sesi kualifikasi yang berlangsung pada siang hingga sore hari dengan durasi satu jam. Lalu setiap grup mendapat sesi 10 menit untuk mengatur putaran tercepat di 220kW, di mana 4 teratas dari setiap grup akan maju ke tahap selanjutnya dan pembalap berhadapan head-to-head di 250kW selama perempat final, semi final, dan final.

4. Pit Stop

Pada generasi pertama, setiap pembalap perlu mengganti mobil di pit stop saat balapan karena kapasitas baterai yang belum memadai sampai akhir balapan. Sedangkan Pada generasi kedua, balapan diatur menjadi 45 menit plus satu putaran dengan mobil Gen2 yang berarti pit stop tidak lagi diperlukan, karena baterai bisa bertahan selama balapan penuh.

Riders hanya perlu datang ke pit stop jika terjadi ban bocor atau untuk melakukan perbaikan pada mobil.

5. Jenis Ban

Jenis ban yang digunakan pada Formula-E Gen2 telah dibuat sedemikian rupa untuk bisa bertahan dalam segala jenis cuaca kering maupun basah. Hal ini menjadikan balapan tidak akan terganggu walaupun cuaca tiba-tiba hujan.

6. Lokasi Sirkuit

Tidak seperti Formula One yang membutuhkan sirkuit khusus, sirkuit Formula-E cenderung  menggunakan jalanan yang sudah ada.

7. Waktu Balapan

Formula E hanya berlangsung selama satu hari saja. Hal ini merupakan salah satu perbedaan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan Formula One yang membutuhkan waktu balapan beberapa hari karena sesi latihan, kualifikasi dan balapan ada pada hari berbeda. Pada Formula E, sesi latihan, kualifikasi, sampai ke tahap final hanya berlangsung selama satu hari karena sirkuit yang digunakan ada pada jalanan umum.

8. Jadwal Formula E

Formula E Jakarta 2022 akan berlangsung selama satu hari pada hari Sabtu, 4 Juni 2022. Tiket Formula E bisa didapatkan secara online di berbagai merchant official yang bekerja sama dengan Formula E Jakarta.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik tentang Formula E yang tahun ini diadakan di Jakarta. Buat kalian yang berhalangan nonton ke lokasi secara Formula E secara langsung, ga usah sedih!

Kalian bisa menyaksikan secara Live! Formula E 2022 Jakarta di SpoTv 2 (Ch. 98) dengan berlangganan MNC Play. Selain itu, dengan berlangganan MNC Play kalian juga bisa menikmati internet stabil dan super cepat karena menggunakan 100% fiber optic. Ditambah lagi, MNC Play beneran kasih kalian #TheTrueUnlimited internet yang tetap ngebut di awal maupun akhir bulan tanpa dibatasi!

Tunggu apa lagi? Berlangganan MNC Play sekarang untuk mendapatkan semua fitur dan keuntungan lainnya! Eits, yuk langganan SPOTV Pack juga buat nonton pertandingan Formula E dan berbagai pertandingan lainnya secara lengkap hanya dengan Rp 35.900 ribu/bulan!

Stay tune di berbagai sosial media dan website MNC Play untuk update terbaru lainnya karena MNC Play sudah merangkum khusus berbagai informasi buat Sobat Play. Yuk, dapatkan berbagai fitur dan penawaran menarik dari MNC Play dengan menghubungi 1500121 atau ke WhatsApp interaktif di nomor 0899-1500-686 sekarang juga!