Fakta Ratu Elizabeth II yang Dekat dengan Sepak Bola Inggris

Fakta Ratu Elizabeth II yang Dekat dengan Sepak Bola Inggris

Fakta Ratu Elizabeth II yang Dekat dengan Sepak Bola Inggris

 

Sobat Play, kabar duka datang dari kerajaan Inggris pada hari Kamis (8/9/2022) lalu. Seluruh dunia merasakan kesedihan yang mendalam atas meninggalnya Ratu Elizabeth II yang menjabat kekuasaannya selama 70 tahun. Inggris Raya pun turut berduka cita yang sangat dalam, termasuk dunia sepak bola Inggris. Sang Ratu ternyata menaruh perhatian tersendiri terhadap sepak bola Inggris loh Sobat Play, bahkan beliau disebut-sebut memiliki dua tim Premier League yang sangat digemari, yaitu Arsenal dan West Ham United. Nggak cuma itu saja Sobat Play, ada banyak bentuk-bentuk perhatian lain dari Ratu Elizabeth II terhadap sepak bola Inggris yang sudah dia tuangkan sejak bertahun-tahun lamanya. Yuk, simak fakta-fakta berikut ini!

1. Menyerahkan Trofi Piala Dunia 1966

Pada tahun 1966, Ratu Elizabeth II telah menjadi saksi mata atas keberhasilan Timnas Inggris dalam menjuarai Piala Dunia. Bahkan, beliau turut menyerahkan trofi kepada pemenang, yang sukses mengalahkan Jerman Barat di final. Ratu Elizabeth II pun mengenang momen ini pada 2020 lalu, tepat ketika Inggris melaju ke final Piala Eropa. Dia mengenang momen hadir di Wembley pada 1966, dan melihat Inggris menjadi juara. Tetapi pada 2020 itu, Inggris ternyata dikalahkan oleh Italia. Sang Ratu pernah mengungkapkan bahwa beliau sangat bersyukur bisa memberikan trofi Piala Dunia kepada Bobby Moore yang merupakan kapten Timnas Inggris saat itu, dan beliau merasa bahagia saat melihat wajah para pemain, staf pelatih, dan manajemen tim yang bisa meraih gelar juara dunia tersebut. Wah, sungguh mengharukan ya Sobat Play?

2. Pendukung West Ham United dan Arsenal

Sobat Play tahu nggak, kalau ternyata ada dua tim sepak bola Inggris yang didukung oleh Ratu Elizabeth II? Yup, mereka adalah West Ham United dan Arsenal! Jadi pada tahun 2009 lalu, sang Ratu pernah mengungkapkan kekagumannya kepada West Ham United. Lalu, sang Ratu juga pernah diundang untuk menghadiri pembukaan markas Arsenal yang baru loh Sobat Play, yaitu Emirates Stadium. Tapi, ternyata beliau tidak hadir karena satu dan lain hal. Untuk menebus hal itu, sang Ratu mengundang tim Arsenal ke pesta minum teh yang diadakan di Istana Buckingham. Thierry Henry yang merupakan tim Arsenal, mengaku sangat senang dengan jamuan dari sang Ratu, sekaligus menjadi tahu fakta bahwa Ratu Elizabeth II adalah ‘Gooners‘.

3. Memberi Penghargaan Kepada Pesohor Sepak Bola Inggris Raya

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh Ratu Elizabeth II adalah memberi penghargaan kepada pesohor sepak bola Inggris Raya yang berprestasi. Sir Stanley Matthews merupakan orang pertama kali yang menerima penghargaan tersebut. Selain itu, ada juga Alf Ramsey, Alex Ferguson, Bobby Charlton, dan Bobby Robson yang mendapatkan penghargaan serupa. Gelar OBE, MBE, dan CBE juga didapatkan beberapa pesohor seperti David Beckham, Roy Hodgson, hingga Gareth Bale. Pemberian penghargaan ini diberikan pada saat acara Tahun Baru, atau saat hari ulang tahun sang Ratu. Hal tersebut merupakan bentuk apresiasi dari sang Ratu bagi para pesohor sepak bola yang membawa harum Inggris Raya.

4. Menyerahkan Trofi Piala FA

Sobat Play, ternyata Ratu Elizabeth II gemar menonton final Piala FA loh, terutama di awal-awal saat beliau menjabat sebagai Ratu. Sama seperti di Piala Dunia 1966, sang Ratu juga pernah memberikan trofi Piala FA kepada tim yang juara. Tidak hanya itu saja, sang Ratu juga memberikan semangat kepada tim-tim yang kalah di laga final. Walaupun jelang akhir hayatnya beliau sudah jarang datang ke final Piala FA, beberapa pesepak bola mengaku senang dengan apa yang sudah dilakukan sang Ratu.

5. Memberikan Rasa Salut untuk Timnas Perempuan Inggris

Selain sepak bola pria, ternyata Ratu Elizabeth II juga memberikan rasa salutnya kepada Timnas Perempuan Inggris loh, Sobat Play. Belum lama ini, ‘Lionesses‘ yang merupakan julukan Timnas Perempuan Inggris, sukses menjuarai Piala Eropa 2022. Sang Ratu pun turut memberikan ucapan selamat kepada para pemain. Tidak hanya itu saja, sang Ratu juga menyampaikan bahwa apa yang dicapai oleh Timnas Perempuan Inggris ini adalah sebuah sejarah. Menurut sang Ratu, kesuksesan mereka jauh melampaui trofi, yang memang semestinya mereka dapatkan dan bisa menjadi contoh bagi para perempuan Inggris di kemudian hari.

Wah, ternyata di tengah kesibukannya sebagai Ratu, beliau tetap menaruh minat yang besar untuk sepak bola Inggris ya, Sobat Play? Sayangnya, sekarang kita semua hanya bisa mengenang semua kebaikan Ratu Elizabeth II. Untuk menghormati meninggalnya sang Ratu, semua pertandingan sepak bola Inggris ditunda dahulu hingga prosesi pemakaman sang Ratu selesai. Tapi Sobat Play jangan sedih, karena MNC Play tetap menayangkan tayangan sports yang berkualitas melalui Soccer Pack dengan hanya Rp 63.900/bulan dan SPOTV Pack dengan hanya Rp 35.900/bulan. Jadi, tunggu apa lagi Sobat Play?

Hubungi WhatsApp interaktif di 0899-1500-686 atau ke 1500-121 untuk dapat menikmati internet dan tayangan berkualitas dari MNC Play! Jangan lewatkan informasi terlengkap dan terupdate dengan mengunjungi:

Website : www.mncplay.id
Twitter : @mncplayid
Instagram : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Tiktok : MNCPlayId
Youtube : MNC Play