Film Spesial Kemerdekaan: Building Batavia

Film Spesial Kemerdekaan: Building Batavia

Film Spesial Kemerdekaan: Building Batavia

 

Spesial Kemerdekaan RI ke-77, MNC Play punya rekomendasi film yang bisa kamu saksikan bareng teman atau keluarga kamu. Film kali ini akan memberikan kamu wawasan yang lebih seputar Jakarta di masa lalu saat masih dibawah penjajahan dan masih dalam tahap pembangunan kota.

Building Batavia adalah film dokumenter tentang bagaimana membangun Batavia sebelum akhirnya menjadi Kota Jakarta. Film ini juga mengajak penontonnya untuk menjelajahi Kota Jakarta dengan aneka cerita tempo dulu. Sepanjang film, kita akan disuguhkan dengan Jakarta dan kisah daya tariknya sejak dulu kala. Berikut beberapa lokasi yang akan dijelajahi sepanjang film Building Batavia:

 

  1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pesona Pelabuhan Sunda Kelapa yang tak lekang oleh waktu, tentu memiliki cerita masa lalu yang jauh lebih menarik. Pada masa kejayaannya, pelabuhan ini menjadi rumah bagi salah satu armada pelayaran perdagangan paling berpengaruh dan merupakan pelabuhan tertua di Jakarta hingga saat ini. Di masa itu, Pelabuhan Sunda Kelapa tak hanya menjadi tempat kegiatan perdagangan Indonesia, pelabuhan ini juga menjadi tempat perniagaan bagi negara-negara asing mulai dari Tiongkok, Arab, India, Inggris, dan Portugis.

 

  1. Toko Merah

Bangunan peninggalan Kolonial Belanda ini merupakan salah satu bangunan tertua di Jakarta karena Toko Merah dibangun pada tahun 1730 oleh Gustaaf Willem baron van Imhoff di atas tanah seluas 2.471 meter persegi. Bangunan ini dibangun untuk menjadi tempat tinggal Gubernur Jendral VOC pada waktu itu. Nama Toko Merah merujuk pada warna cat bangunan yang didominasi dengan warna merah hati dan mulai populer pada tahun 1851.

 

  1. Museum Sejarah Jakarta

Tempat yang awalnya menjadi Balai Kota ini, sekarang menjadi Museum yang menyimpan banyak materi sejarah terbentuknya Koata Jakarta. Saat ini, Museum Sejarah Jakarta biasa disebut Museum Fatahillah dan terletak di Jalan Taman  Fatahillah  No. 1  Jakarta.

 

  1. Restoran Oasis

Oasis, di masa kejayaannya menjadi tempat berkumpul bangsawan-bangsawan Belanda. Awalnya, bangunan ini didirikan pada 1928 untuk menjadi tempat tinggal F Branderburg van Oltsende, seorang bangsawan Belanda yang merupakan miliuner pemilik perkebunan karet, kina, dan teh.

Film ini disutradarai oleh Justin Ong, sutradara film dokumenter yang kerap meraih penghargaan atas karya-karya yang dibuatnya. Pada film dokumenter ini, Justin Ong juga mengajak penonton untuk menikmati kilas balik dari setiap tempat di Jakarta lengkap dengan bangunan-bangunan buatan Belanda yang masih utuh hingga saat ini. Building Batavia, bisa kalian saksikan pada Indonesia’s Independence Day, 17 Agustus 2022 pukul 18.10 WIB hanya di History Channel (Ch.206).

Itu, dia film yang bisa kamu saksikan di Hari Kemerdekaan RI ke-77 dari MNC Play. Jangan lupa dicatat jadwal tayangnya dan ajak teman, pasangan, atau keluarga untuk menyaksikan filmnya bersama, ya! Eits, biar nontonnya lebih seru jangan lupa pakai wifi rumah dengan internet cepat dan stabil dari Provider Internet yang memiliki teknologi 100% fiber optic, yaitu MNC Play.

Hubungi WhatsApp interaktif di nomor 0899-1500-686 atau call center MNC Play di 1500121 untuk mendapatkan informasi dan penawaran menarik seputar MNC Play.

Informasi terlengkap dan terbaru dari MNC Play bisa kalian dapatkan dengan mengunjungi:

Website                       : www.mncplay.id

Instagram                    : @mncplayid

Tiktok                          : MNCPlayID

Twitter                        : @mncplayid

Facebook Fan Page     : MNCPlayID

Youtube                        : MNC Play