Lelah Bekerja Seharian? Ini Cara Mengistirahatkan Otak

Lelah Bekerja Seharian? Ini Cara Mengistirahatkan Otak

Lelah Bekerja Seharian? Ini Cara Mengistirahatkan Otak

Sobat Play, apa yang kamu lakukan ketika sedang jenuh setelah mengerjakan pekerjaan yang menguras pikiran? Mungkin untuk beberapa orang memilih untuk meneruskan pekerjaannya hingga selesai dan menunda istirahat. Memiliki banyak pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran akan menimbulkan rasa lelah yang dirasakan oleh otak dan tubuh kita lho, Sobat Play. Jika tidak dikelola dengan baik, hal tersebut bisa menyebabkan burnout yang bisa memengaruhi produktivitas dan kesehatan kita. Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika mengalami burnout setelah bekerja seharian dan bisa mengistirahatkan otak kamu sejenak. Biar nggak makin buruk, yuk simak tipsnya berikut ini!

1. Lakukan Kebiasaan Sehat dan Istirahat

Setelah melewati hari panjang yang menguras energi, maka beristirahat sejenak penting dilakukan pasca-burnout. Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk pemulihan burnout adalah dengan melakukan kebiasaan sehat yang baik seperti diet sehat, olahraga teratur, dan  tidur yang cukup. Hal-hal tersebut bisa membuat kamu sejenak terlepas dari pikiran dari pekerjaan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan spiritual seperti meditasi, doa, dan ritual lainnya.

2. Jauhkan Pekerjaan Sejenak

Menjauhkan diri dari tumpukan pekerjaan juga penting dilakukan untuk mengistirahatkan otak pasca-burnout. Oerlemans dan Bakker memberi saran untuk melepaskan diri dari pekerjaan dan keluar baik secara mental juga fisik setelah pekerjaanmu berakhir. Ketika jam kerjamu telah usai, tutup laptop dan pergi. Jika kamu seorang pelajar yang sering mengalami burnout karena tugas, maka tetapkan jam khusus. Setelah itu, tinggalkan semua tugas dan jangan memikirkannya lagi. Kamu bisa melakukan kegiatan atau hobi lain untuk menenangkan pikiranmu.

3. Luangkan Waktu Bersama Teman

Ketika kamu nggak tahu bagaimana cara mengistirahatkan otak pasca-burnout, maka bertanya kepada orang terdekat seperti teman bisa dijadikan sebagai salah satu solusi. Karena saat merasakan burnout, kamu mungkin membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat karena mereka pasti tahu cara terbaik untukmu agar bisa keluar dari burnout.

4. Lakukan Hal-hal yang Membuat Kamu Bahagia

Lelah bekerja hingga menimbulkan burnout bisa menyebabkan kehilangan gairah untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya kamu sukai lho, Sobat Play. Kamu bisa merasa bosan saat harus melakukan kegiatan yang sama setiap harinya. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa membuat daftar hal-hal yang bisa membuatmu bahagia. Misalnya, kamu bisa hangout dengan teman, nonton film, atau memasak makanan favorit. Lakukan berbagai kegiatan tersebut setiap minggunya, dan pertahankan walaupun kamu sudah tidak merasa burnout lagi.

5. Bermain Game

Bermain game menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu luang, ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengistirahatkan otak sejenak dari pekerjaan yang menumpuk. Kamu bisa membuat sebuah prinsip yang menjadikan game seperti hadiah atas hasil kerja kerasmu. Pada saat kamu sedang sibuk bekerja tentunya akan menyita waktu bermain game kamu. Untuk itu, jadikan game sebagai hadiah setelah semua pekerjaan selesai dan biarkan otak kamu relaks.

Bekerja seharian memang membuat lelah ya Sobat Play, bahkan bisa menimbulkan burnout. Kalau sudah burnout, kamu bisa merasa stres berkepanjangan lho! Untuk itu, MNC Play memberikan beberapa tips tadi agar otak kamu bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan, salah satunya dengan menonton film dan bermain game menggunakan internet super cepat dan stabil dari MNC Play. Ada banyak pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu lho! Dengan MNC Play, dijamin, kamu nggak akan merasa burnout setelah lelah bekerja seharian. Jadi, tunggu apa lagi Sobat Play?

Hubungi WhatsApp interaktif di 0899-1500-686 atau ke 1500-121 untuk dapat menikmati internet dan tayangan berkualitas dari MNC Play! Jangan lewatkan informasi terlengkap dan terupdate dengan mengunjungi:

Website : www.mncplay.id
Instagram : @mncplayid
Twitter : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Tiktok : MNCPlayId
Youtube : MNC Play

Halo....Kami siap membantu Anda!