5 Fakta Menarik Tahun Baru Islam yang Perlu Diketahui

5 Fakta Menarik Tahun Baru Islam yang Perlu Diketahui

Hai Sobat Play, besok sudah masuk Tahun Baru Islam, nih. Seperti yang kita semua tahu, Islam memiliki kalender Hijriah yang digunakan untuk menentukan tanggal peristiwa penting umat muslim, seperti bulan Ramadan, Idulfitri, Iduladha dan lainnya. Nah, di dalam kalender Hijriyah, pergantian tahun juga dirayakan oleh umat Islam, yang disebut Tahun Baru Islam.

Kalau selama ini yang kamu tahu dalam kalender Masehi, tahun baru jatuh pada tanggal 1 Januari, maka dalam kalender Hijriah jatuh pada 1 Muharram dimana pada tahun ini sudah ditetapkan di tanggal 30 Juli 2022. Di Indonesia sendiri, umat Islam biasa merayakan Tahun Baru Islam dengan berbagai macam tradisi, seperti melakukan pawai obor hingga mengadakan pengajian di masjid. Tapi sebelum itu, Sobat Play sudah tahu tentang fakta-fakta dari Tahun Baru Islam belum? Kalau belum, simak fakta menarik Tahun Baru Islam yang perlu kamu ketahui, yuk!

1. Sejarah Kalender Hijriyah

Sobat Play, awal mula penanggalan kalender Hijriyah yaitu berasal dari Abu Musa Al-Asyari yang merupakan seorang Gubernur Bashrah. Beliau menulis surat untuk Khalifah Umar bin Khatab RA dengan isi surat tentang kebingungan dirinya karena sebuah surat yang tidak memiliki tahun. Karena hal itu, kalender Islam kemudian dibuat untuk memudahkan orang-orang dalam penyimpanan surat-surat. Kemudian, Ali bin Abi Thalib mengusulkan momen hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Yatsrib sebagai awal tahun (Tahun Baru Islam). Setelah disetujui, mereka memberikan nama ‘kalender Hijriah’ dan ditetapkan pada 638 Masehi.

2. Metode yang Digunakan dalam Penentuan Awal Tahun

Fakta unik selanjutnya yaitu metode yang digunakan dalam penentuan awal tahun, Sobat Play. Jadi, tanggal dimulainya Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah ditentukan dari beberapa teknik. Yaitu dengan menggunakan perhitungan ilmiah dan astronomi, atau berdasarkan dari munculnya bulan. Nah, setiap negara memiliki cara yang berbeda-beda untuk menentukannya. Di Indonesia sendiri sering menggunakan metode astronomi dan Tahun Baru Islam di tahun ini jatuh pada tanggal 30 Juli 2022 besok.

 3. Ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional

Siapa nih yang suka menunggu-nunggu hari libur nasional? Ternyata, di sebagian besar negara dengan masyarakat mayoritas muslim, Tahun Baru Islam ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur nasional karena memang termasuk momen besar. Beberapa negara yang menerapkan Tahun Baru Islam sebagai hari libur nasional yaitu Indonesia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Tunisia.

4. Arti Kata Muharram

Fakta berikutnya adalah nama bulan Muharram berasal dari kata Haram, yang artinya suci atau terlarang. Dinamakan Muharram karena bulan ini termasuk dalam salah satu bulan yang suci, di mana umat Islam dilarang berperang, termasuk 3 bulan lainnya juga yang melarang umat Islam berperang dan termasuk bulan suci yaitu, bulan Dzul Qa’dah, Dzulhijjah dan Rajab.

5. Muslim Sunni Berpuasa

Kalau biasanya umat muslim berpuasa menjelang Idul Fitri, kali ini Muslim Sunni biasanya melakukan ibadah puasa menjelang Tahun Baru Islam. Tapi sebenarnya, puasa tersebut tidak wajib dilakukan karena bersifat sukarela. Bagi Muslim Sunni, Tahun Baru Islam adalah hari penting, karena bagi mereka di hari tersebut Allah SWT menyelamatkan Musa dan Israel dengan membelah laut merah dan menenggelamkan Firaun dan pasukannya. Untuk itu, banyak Muslim Sunni merayakan kesempatan tersebut dengan berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Jadi gimana, Sobat Play? Sekarang sudah tahu fakta menarik Tahun Baru Islam, ‘kan? Bagi kamu yang merayakannya dan ingin mengerjakan amalan, bisa ikut berpuasa ya, Sobat Play. Oh iya, kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang Tahun Baru Islam, kamu bisa browsing menggunakan internet super cepat dari MNC Play, ya! Karena ada banyak pilihan paket internet sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi, tunggu apa lagi Sobat Play?

Hubungi WhatsApp interaktif di 0899-1500-686 atau ke 1500-121 untuk dapat menikmati internet dan tayangan berkualitas dari MNC Play!

Website : www.mncplay.id
Twitter : @mncplayid
Instagram : @mncplayid
Facebook Fan Page : MNCPlayID
Tiktok : MNCPlayId